Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kongkret, Media Digital dan Media Kotak Posisi serta melakukan pengamatan lapangan untuk Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 


Lokasi

SD Negeri 195 Pekanbaru

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

1.   Meningkatkan minat belajar siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan melalui media kongkret dan media digital

2.   Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai tempat bilangan melalui metode demonstrasi berbantuan media kongkret, media digital dan media kotak lokasi

Penulis

Nursadi, S.Pd.I

Tanggal

27 Agustus 2022, 10 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang kegiatan ini ?

Sekolah yang berada dipinggir kota ini terkadang memang terasa berbeda dengan sekolah yang berada di tengah kota, baik dari segi output siswanya maupun kemajuan cara belajarnya dan proses belajarnya.

Hal ini terjadi kerena beberapa penyebab antara lain :

1.    Kurangnya motivasi guru untuk mengembangkan potensinya untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah,

2.    Kurangnya perhatian dan motivasi orang tua terhadap pendidikan anaknya,

3.    Pendidikan orang tua yang mayoritas tidak bersekolah,

4.    Kurangnya waktu belajar untuk siswa di rumah, dimana siswa pulang sekolah harus bekerja membantu orang tuanya sampai malam,

5.    Kurangnya fasilitas belajar yang lengkap,

 

Dari penyebab-penyebab tersebut berdampak kepada pendidikan siswa, dampak yang bisa kita lihat antara lain : rendahnya minat belajar siswa dan juga berakibat kepada rendahnya hasil  belajar siswa.

Berdasarkan hasil temuan kami dilapangan, ada beberapa keadaan yang terjadi karena permasalahan tersebut, antara lain:

1.    Hasil belajar siswa rendah

2.    Siswa cepat lupa terhadap pembelajaran yang telah diberikan

3.    Sebagian besar siswa tidak mengerjakan PR

4.    Siswa tidak bersemangat dalam belajar

5.    Banyak siswa yang keluar masuk dan bermain disaat belajar

6.    Siswa sering tidak masuk sekolah dengan alasan-alasan yang tidak penting

Setelah dilakukan identifikasi masalah, penyebab rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

1.    Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi

2.    Media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik, serta

3.    Model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

         Praktek pembelajaran ini penting dibagikan agar perbaikan pembelajaran yang saya lakukan ini bisa juga menjadi bahan pedoman bagi guru-guru lain yang mengalami masalah yang sama, dengan harapan agar proses pembelajaran bisa berhasil dengan sempurna.

 

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Sebagai seorang guru, saya merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi tersebut agar tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan, karena jika siswa tidak tuntas dalam belajar bukan berarti siswa gagal dalam belajar tetapi guru yang gagal dalam mengajar.

Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah rendahnya minat belajar siswa serta hasil belajar siswa belum memenuhi KKM tersebut, saya melakukan kegiatan praktik pembelajaran dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif (problem based learning) dengan metode pembelajaran yang variatif serta media pembelajaran berbasis IT yang menarik ditambah dengan media kongkrit.

Praktek pembelajaran ini sangat penting dilakukan, disamping sebagai perbaikan pembelajaran di kelas saya juga bisa sebagai pedoman bagi guru-guru lain yang masih gagal dalam mengajar, sehingga harapannya nanti perbaikan pembelajaran ini bukan hanya terjadi dikelas saya, tetapi diharapkan juga perbaikan pembelajaran ini terjadi diseluruh kelas yang ada di sekolah saya.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat ?

 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Adapun tantangan yang harus saya hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini antara lin :

1.    Membuat perangkat pembelajaran lengkap mulai dari RPP, bahan ajar, LKPD yang menarik, media pembelajaran inovatif dan soal evaluasi. Yang sebelumnya jarang saya lakukan, biasanya yang sering saya buat hanya RPP dan evaluasi saja.

 

2.    Menentukan metode pembelajaran yang efektif untuk setiap materi yang disampaikan agar hasil belajar siswa meningkat

3.    Menentukan media pembelajaran yang mempu meningkatkan minat belajar siswa

4.    Menerapkan model pembelajaran inovatif dalam hal ini saya menerapkan model pembelajaran PBL dimana sebelumnya jarang saya lakukan sesuai dengan sintak-sintaknya. Walaupun secara garis besar kegiatan intinya sudah mengarah ke PBL, namun sintak atau langkah-langkah yang dilakukan tidak teratur.

 

Siapa saja yang terlibat ?

         Dalam pelaksanaan praktek pembelajaran yang saya lakukan, tentu tidak akan terlepas dari dukungan dari orang lain, adapun orang-orang yang terlibat dalam praktek pembelajaran yang saya lakukan antara lain :

1.    Kepala Sekolah SD Negeri 195 Pekanbaru Bapak Yoyon Siswanto, S.Pd yang sangat banyak berperan selama PPG ini, termasuk PPL.

2.    Wakil Kepala Sekolah SD negeri 195 Pekanbaru Ibu Gustin Amelia, S.Pd yang selalu membantu pelaksanaan PPG saya.

3.    Guru Pendidikan Agama Kristen Ibu Elisabeth Veryanti Panjaitan, S.Pd yang selalu siaga menjadi juru kamera disaat PPL

4.    Bapak Dosen Pendamping PPL yang selalu sabar membimbing saya selama PPL ini

5.    Bapak Guru Pamong PPL yang selalu memberikan semangat selama PPL ini

6.    Bapak/Ibu guru Hebat kelompok A kelas B PPG PGSD Unram Tahun 2022 yang selalu siaga membantu disaat ada kesulitan maupun kesusahan saya serta selalu memberikan semangat selama PPG ini.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?

Langkah-langkah yang saya ambil untuk menghadap tantangan tersebut adalah menjalani dengan penuh semangat dan tidak takut untuk mencoba, karena dalam prinsip saya tidak ada kegagalan sebelum mencoba, dan segala masalah itu pasti ada jalan keluarnya.

Untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa saya menggunakan metode demontrasi dengan berbantuan media kongkrit, media kotak posisi dan media digital serta praktek di lapangan

 

Strategi apa yang digunakan ?

       Strategi yang digunakan dalam praktek pembelajaran ini adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana proses pembelajaran diusahakan didominasi oleh siswa bukan guru.

1.    Model pembelajaran yang dipakai adalah model Problem Base Learning

2.    Metode yang dipakai adalah metode demonstrasi

3.    Media yang digunakan antara lain :

a.    Media kongkrit yaitu berupa uang, tumbuhan dan daun tumbuhan

b.    Media digital, yaitu proyektoor untuk menampilkan power point, gambar dan video pembelajaran

c.    Media kotak posisi, media ini digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi nilai tempat bilangan

4.    Penyusunan LKPD disusun dengan semenarik mungkin dengan efektif dan efisien, agar siswa bersemangat untuk mengerjakannya dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

5.    Lembar evaluasi disusun meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan

 

Bagaimana prosesnya ?

       Proses praktek perbaikan pembelajaran ini meliputi kangkah-langkah sebagai berikut :

1.    Menganalisis penyebab masalah

Menganalisis penyebab masalah ini dengan cara melakukan literatur dan wawancara, sehingga ditemui penyebab masalah rendahnya hasil belajar dan minat belajar siswa yaitu :

Metode yang dipakai guru belum bervariasi dan media pembelajaran yang digunakan guru belum menarik.

2.    Mengeksplorasi alternatif solusi

Langkah yang dilakukan dalam mengeksplorasi alternatif solusi dari penyebab masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran PBL, metode demonstrasi dengan bantuan media kongkrit, media digital dan media kota posisi serta mengamati langsung di lapangan

3.    Menyusun rencana pembelajaran

Penyusunan  rencana pembelajaran ini meliputi :

a.    Rencana pelaksanaan pembelajaran, RPP disusun sesuai dengan ketentuan penyusunan RPP Kurikulum 2013 dengan lengkap

4.    Pelaksanaan pembelajaran

       Proses pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun dengen menarapkan metode demonstrasi dengan berbatuan media kongkret, media digital dan media kota posisi serta praktek pengamatan langsung di lapangan.

        Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan dikelas sendiri dengan dihadiri oleh Dosen pembimbing dan Guru Pamong

Siapa saja yang terlibat ?

Yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran ini antara lain :

1.    Dosen Pembimbing dan Guru Pamong

2.    Guru dan siswa

3.    Rekan guru sebagai juru kamera dan membantu mempersiapkan pembelajaran

4.    Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab

 

Apa saja sumber yang diperlukan atau materi yang diperlukan ?

      Sumber atau materi dan alat yang diperlukan dalam praktek pembelajaran ini adalah :

1.    4 buah Laptop

2.    2 buah HP

3.    1 Proyektor

4.    1 layar Proyektor

5.    1 Speaker

6.    1 Tripod

 

Disamping alat tersebut diperlukan juga aplikasi-aplikasi yang membantu menyediakan media pembelajaran seperti :

1.    Canva

2.    Photoshop

 

Selanjutnya aplikasi yang digunakan dalam proses pengeditan video pembelajaran yaitu:

a.    Video Maker

b.    Kine Master

c.    Noise Reduser

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Bagaimana dampak dari aksi yang dilakukan ?

Dampak dari aksi yang saya lakukan sangat positif, dimana penerapan metode demonstrasi dengan berbantuan media kongkret, media digital dan media kotak posisi pada materi matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai tempat bilangan serta dapat meingkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bagian tubuh tumbuhan

 

Apakah hasilnya efektif ?

Hasil ini saya rasa sangat efektif dan sangat direkomendasikan untuk diterapkan oleh rekan-rekan guru-guru lain.

Hasil tersebut dapat dilihat dari :

1.    Hasil belajar siswa sangat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya

Ini dapat dilihat dari tabel dibawah ini :

Rata-rata nilai sebelum perbaikan

Rata-rata nilai setelah perbaikan

65

87

 

2.    Minat belajar siswa sangat meningkat, ini dapat dilihat dari kedaan sebagai berikut :

a.    90% siswa sudah aktif dalam pembelajaran, baik bertanya, menjawab dan memberikan tanggapan

b.    Seluruh siswa terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

c.    Seluruh siswa bersemangat dalam belajar

d.    Seluruh siswa mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan ?

Menurut saya yang menjadi faktor keberhasilannya antara lain :

1.    Saya dibimbing oleh Dosen dan Guru pamong yang sangat berpengalaman

2.    Proses pembelajaran yang direncanakan secara matang

3.    Pembelajaran yang dilengkapi dengan LKPD lengkap

4.    Rekan-rekan guru dan teman-teman PPG memberikan dukungan penuh

 

Apa pembelajaran dari proses tersebut ?

Pembelajaran yang dapat saya ambil antara lain :

1.    Ternyata benar kata salah satu dosen Unram dimana tidak ada siswa yang gagal belajar, tetapi yang ada guru yang gagal mengajar

2.    Selagi kita mau mencoba, tidak akan ada yang tidak bisa

3.    Jangan takut untuk berinovasi, semakin banyak inovasi semain banyak pengalaman-pengalaman baru yang di dapat

4.    Minat belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

5.    Metode yang tepat serta media yang tepat akan mengantarkan siswa ke tujuan pembelajaran

6.    Mulai hari ini ayo lakukan perubahan demi kemajuan

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Semua Jenjang Lengkap dengan Rapor P5 GRATISSS..!!

Rapor Kurikulum Merdeka semua Jenjang (TK/PAUD, SD, SMP, SMA, Paket) Sesuai PPA 2024 dan Rapor P5

Perangkar Ajar Kurikulum Merdeka CP Terbaru 2024 sesuai PPA. 2024 Lengkap Semua Kelas dan Semua Mapel